Sunday, March 12, 2017

Klinik Anak Malang

Di kota Malang terdapat sejumlah klinik tumbuh kembang anak terkenal dan telah menjadi rujukan banyak orangtua untuk mengkonsultasikan perkembangan anaknya, baik secara fisik, psikis, sosial, dan neurologi. Sebut saja beberapa dokter dan layanan praktik yang menjadi rujukan, antara lain: praktek dokter satrio wibowo malang, dokter sumakto malang, dr sidharta malang, dr susanto nugroho malang, dan dr lintang malang. Sementara, untuk layanan psikologi orangtua dapat merujuk ke pusat terapi dan rehabilitasi anak berkebutuhan khusus "Psycho Care" Malang.    

Pusat terapi dan rehabilitasi "Psycho Care" Malang selama ini bergerak dalam kegiatan-kegiatan: (1) menyelenggarakan pelatihan-pelatihan (training) sebagai upaya pengembangan individu dalam aspek akademis, kesehatan, psikologi dan karir (personality school); (2) memberikan layanan konsultasi dan rehabilitasi psikologis (anamnesa, pemeriksaan, diagnosa, modifikasi perilaku dan terapi) bagi anak berkebutuhan khusus dan masyarakat umum; serta (3) melakukan, melayani dan mendampingi berbagai praktik riset multidispliner bagi kalangan akademisi dan praktisi. 

Ringkasnya "Psycho Care" Malang adalah klinik anak yang khusus melakukan terapi dan rehabilitasi anak berkebutuhan khusus dengan pada kasus-kasus psikologi dengan berbagai kategori (down syndrome, ADHD, disleksia, disgrapia, diskalkulia, dispasia, dispraksia, dismemori, dismetakognisi, slow learner, autis, tunagrahita, tunalaras, anak berbakat, anak berkesulitan belajar) serta optimalisasi perkembangan otak, pengembangan diri, dan minat-bakat anak, yang dibimbing langsung oleh para ahli yang berpengalaman di bidang perkembangan anak dan psikologi. 

Fokus penanganan yang selama ini dikembangkan di pusat terapi dan rehabilitasi anak berkebutuhan khusus "Psycho Care" Malang adalah penyelesaian terhadap tahap-tahap perkembangan anak, baru kemudian pengembangan terhadap tugas-tugas belajar anak yang didasarkan pada kasus spesifik yang dialami. Assesmen, pembuatan program modifikasi perilaku, pembuatan program terapi individu, pembuatan program pembelajaran individual yang disesuaikan dengan potensi, bakat, dan minat anak sampai kepada follow up dan pelaporan hasil pengembangan masalah-masalah anak.

0 comments:

Post a Comment