Tuesday, October 10, 2017

Sekolah Autis Berasrama di Malang

Sekolah autis berasrama adalah konsep sekolah boarding school yang dipersiapkan secara khusus untuk anak-anak berkebutuhan khusus, terutama autisme. Ini merupakan konsep pendidikan terpadu dan kholistik, dimana sekolah tidak hanya sebagai tempat belajar, tetapi juga bermain, bersosialisasi, berkeluarga, melakukan proses terapi dan rehabilitasi. Sekolah ini adalah solusi bagi para orangtua yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus anak secara maksimal di rumah, karena kesibukan pekerjaan dan bisnis yang digeluti.

Sekolah autis berasrama tidak banyak di temui, hanya saja beberapa kota besar di Jawa Timur seperti Malang dan Surabaya, bisa ditemukan. Sebut saja misalnya pusat layanan autis Tlogowaru Malang, sekolah autis bakti luhur, dan pusat terapi rehailitasi "Psycho Care" Malang. Khusus, untuk "Psycho Care" Malang merupakan klinik psikologi anak yang merupakan biro konsultasi psikologi di Malang, yang telah bertahun-tahun mengembangkan layanan psikodiagnostik, terapi, rehabilitasi, dan modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus, sekolah kepribadian dan praktik konsultasi psikolog di Malang yang terbuka untuk masyarakat umum.

"Psycho Care" Malang bisa dibilang merupakan zona sekolah terapi, rehabilitasi, modifikasi perilaku, dan penyembuhan bagi anak-anak berkebutuhan khusus dengan berbagai kasus, termasuk kasus-kasus perkembangan dan pembelajaran anak, sekolah kepribadian dan pembentukan karakter anak berdasarkan minat dan bakat yang dimiliki. Konsep yang dikembangkan adalah assesmen, pendampingan, terapi dan modifikasi perilaku anak yang dapat dilakukan baik di klinik maupun di rumah masing-masing atas permintaan orangtua. 

Sekolah autis apapun bentuk dan layanannya, yang terpenting adalah fokus pada penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi anak, baik masalah perkembangan maupun masalah belajar kholistik secara fisik, psikis, dan sosial. "Psycho Care" Malang, menyarankan bagi para orangtua dan pendidik untuk segara mengenali secara dini masalah-masalah perkembangan anak dan mengkonsultasikannya kepada ahli. Sebab kecepatan dan ketepatan penanganan akan mempermudah anak keluar dari masalah-masalahnya, terutama jika hal itu terdeteksi pada awal-awal usia perkembangannya (usia 0-6 tahun/golden age). 

Banyak ahli perkembangan anak meyakini bahwa jika masalah-perkembangan anak mampu dikenali lebih dini, terutama pada usia awal-awal perkembangannya (golden age/usia pra sekolah), maka kemungkinan besar dapat dengan mudah disembuhkan atau diselesaikan. Sebab ada kecenderungan jika masalah-masalah itu baru diketahui atau terdeteksi di usia sekolah (6-18 tahun), maka masalah-masalah perkembangan dan belajar anak bisa menetap dan susah untuk disembuhkan. Maka yang bisa dimaksimalkan hanyalah minat dan bakat spesifik anak, sementara untuk kecerdasan intelektual (kognitif) dan sosial (afektif) anak sulit dikembangkan atau dioptimalisasi.

6 comments:

  1. Apa menerima murid disleksia / slow leaner usia smp ?

    ReplyDelete
  2. Apa menerima anak autis dh usian 21th?

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum ww.
    Mohon izin bertanya, untuk slow learner apakah bisa?

    ReplyDelete
  4. Apakah msh bisa menerima utk umur 16 th yg saat ini sedang menempuh sekolah di SMA klas X, andai sekiranya bisa apakah bs pindah sekolah ke asrama disini ?

    ReplyDelete
  5. Batas usia paling kecil brp tahun ? Di asrama kan ? Biaya ?

    ReplyDelete